CONTOH PROPOSAL SKRIPSI PENGEMBANGAN

KATA PENGANTAR

Puji dan syukur hanya kehadirat Allah Subhanuhu Wata’ala, karena atas limpahan rahmat, taufik, dan karuniannya, proposal  skripsi yang berjudul, “Pengembangan Bahan Ajar Tekhnologi Informasi Komunikasi Melalui Animasi Animasi Power Point Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas Ii Sma Negeri 2 Monta”, dapat diselesaikan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.
Penyusunan proposal ini dapat diselesaikan berkat kerjasama dan bantuan dari berbagai pihak. Penulis menyadari banyak sumbang saran, kritik, dan teguran yang diberikan oleh berbagai pihak, sehingga mendorong penulis untuk bekerja lebih giat dalam menyelesaikan tulisan proposal skripsi ini. Untuk itu, penulis dengan segala kerendahan hati menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada :
1.    Dr. Ibnu Khaldun Sudirman, MS.i selaku Ketua Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Taman  Siswa Bima.
2.    Nur Fitrianingsih, S.Kom., MM selaku Ketua Program  Studi  Pendidikan Teknologi Informasi, Sekolah Tinggi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Taman Siswa Bima.
3.    Hardiansyah, M.Pd dan Arif Rahman, M.Pd Selaku Dosen Pembimbing I dan Pembimbing II Dalam Penulisan  proposal skripsi ini.
4.    Keluargaku tercinta : Bapak, ibu, dan adikku. atas segala doa, dan dorongannya
5.    Para Dosen dan Seluruh Staf  Sekolah Tinggi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Taman Siswa Bima telah memberikan ilmu pengetahuan yang sangat berharga  dan selalu memberikan bantuan kepada penulis.
6.    Teman-teman se-angkatan dan seperjuangan  serta  semua pihak yang  tidak
dapat penulis sebutkan satu persatu yang  turut  serta  memberikan bantuan dalam proses penyelesaian proposal skripsi ini dari awal sampai akhir.
Penulis hanya  dapat memohon, semoga  Allah Subhanahu wata’ala memberikan balasan kebaikan dan barakah kepada  pihak-pihak tersebut. Penulis menyadari  bahwa proposal skripsi ini masih banyak kekurangan. Oleh karena itu masukan berupa saran dan kritik sangat diharapkan demi perbaikan proposal skripsi ini.
Akhirnya  penulis berharap semoga  proposal skripsi ini  dapat bermanfaat bagi pembaca pada umumnya dan masyarakat pada khususnya.

Bima,…………. 2017

Penulis,





BAB I
PENDAHULUAN

A.          Latar Belakang Masalah
Dalam proses belajar mengajar  yang dewasa ini banyak kita temui metode dan cara mengajar oleh guru yang sangat mendukung kemajuan perkembangan pemahaman siswa di dalam ruang lingkup kelasnya, dan juga tidak menutup kemungkinan siswa juga dapat melakukan pengembangan terhadap dirinya di luar lungkungan sekolah. Tapi disisi lain, seorang guru yang profesional juga harus memiliki kemampuan yang lebih sehingga dapat berefe positif jangka panjang terhadap perkembangan siswa-siswinya.
Dalam hal ini guru di tuntut untuk mampu menguasai materi dan rencana  kegiatan sehingga bisa di aplikasikan kedalam ruang lungkup kelas. Akan tetapi, guru sering direpotkan dengan banyaknya bahan ajar yang akan dibawa kedalam ruang kelas seperti, RPP, buku paket dan bahan-bahan lainnya. Oleh karena demikan, penulis ingin melakukan sebuah riset tentang “Pengembangan Bahan Ajar Tik Melalui Model  Animasi Power Point” sehingga guru tidak repot-repot lagi untuk membawa banyak bahan dan instrumen penunjang kegiatan belajar mengajar didalam kelasnya. Dengan adanya pengembangan ini, besar harapan penulis agar guru dapat menggunakan hasil pengembangan ini guna mendukung efisiensi waktu belajar siswa didalam kelas.
Adapun masalah yang di hadapi oleh siswa pada saat proses belajar mengajar berlangsung ialah :
1.      Guru tidak dapat memanfaatkan waktu seefisien mungkin karena terhambat masalah materi ajar dan bahan-bahan ajar yang masih di tulis di papan sehingga waktu terbuang percuma.
2.      Siswa tidak dapat menyerap materi yang di ajarkan karena harus menunggu guru yang menulis materi yang ada di papan tulis.
B.           Identifikasi Masalah
Dalam penelitian ini, penulis mengidentifikasi masalah yang kerap di hadapi oleh kebanyakan tenaga kependidikan dalam instansi penidikan, lebih-lebih penulis sendiri adalah calon pendidik. Masalah yang di hadapi oleh guru dewasa ini adalah banyak dari mereka yang kerepotan membawa banyak intrumen mengajar kedalam ruang kelas, sehingga guru kelelahan untuk membawa instrumen dan juga tidak efisien. Paling tidak guru membutuhkan sebuah produk yang mampu menampung semua instrumen bahan ajar yang akan di ajarkannya minimal satu semester kedepannya untuk mengurangi beban dan untuk mengembangkan efisiensi waktu belajar  mengajar. Tidak hanya itu saja guru juga membutuhkan media alternative lain untuk menunjang keberlangsungan belajar dan juga untuk merangsang rasa ingin tahu siswa terhadap materi-materi yang di ajarkan oleh gurunya.



C.       Pembatasan Masalah / Atau Fokus Penelitian
Dalam hal ini, batasan-batasan masalah yang akan dilakukan adalah  Penelitian ini hanya menfokuskan pada pengembangan bahan ajar TIK saja.
D.       Rumusan Masalah
Adapun masalah yang dapat di rumuskan berdasarkan uraian di atas adalah Bagaimana cara mengembangkan bahan ajar TIK menggunakan model animasi power point.
E.        Tujuan Penelitian Dan Pengembangan
Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah Untuk mengetahui cara mengembangkan bahan ajar TIK menggunakan animasi power point.
F.     Spesifikasi Produk Yang Di Kembangkan
Hadirnya Powerpoint menggantikan cara presentasi kuno yaitu dengan transparasi proyektor atau biasa disebut OHP (Over Head Proyector). Dengan adanya Ms Powerpoint, membuat presentasi menjadi sangat mudah karena didukung dengan fitur-fitur yang canggih dan menarik.
Pengertian Ms Powerpoint adalah salah satu program aplikasi microsoft office yang berguna untuk membuat presentasi dalam bentuk slide. Aplikasi ini biasanya digunakan untuk keperluan presentasi, mengajar, dan untuk membuat animasi sederhana. 
Microsoft PowerPoint atau Microsoft Office PowerPoint atau PowerPoint adalah sebuah program komputer untuk presentasi yang dikembangkan oleh Microsoft di dalam paket aplikasi kantoran mereka, Microsoft Office, selain Microsoft Word, Excel, Access dan beberapa program lainnya. PowerPoint berjalan di atas komputer PC berbasis sistem operasi Microsoft Windows dan juga Apple Macintosh yang menggunakan sistem operasi Apple Mac OS, meskipun pada awalnya aplikasi ini berjalan di atas sistem operasi Xenix. Aplikasi ini sangat banyak digunakan, apalagi oleh kalangan perkantoran dan pebisnis, para pendidik, siswa, dan trainer. Dimulai pada versi Microsoft Office System 2003, Microsoft mengganti nama dari sebelumnya Microsoft PowerPoint saja menjadi Microsoft Office PowerPoint. Lalu, pada Office 2013, namanya cukup disingkat PowerPoint. Versi terbaru dari PowerPoint adalah versi 15 (Microsoft Office PowerPoint 2013), yang tergabung ke dalam paket Microsoft Office 2013.
G.    Manfaat Penelitian Dan Pengembangan
Dari penelitian dan pengembangan bahan ajar TIK ini diharapkan beberapa manfaat oleh penulis sebagai berikut:
1.      Bagi Penulis
a.    Penelitian dan pengembangan bahan ajar ini dapat bermanfaat dalam khasanah ilmu pengetahuan, khususnya pengembangan bahan ajar  melalui model animasi power point ini.
b.    Sebagai sarana untuk mengembangkan kemampuan penulis dalam pengembangan bahan ajar melalui model animasi power point
2.      Bagi Siswa
Dengan produk berbasis animasi power point ini diharapkan bermanfaat bagi siswa dalam teknologi pembelajaran yang lebih baik, khususnya dalam model animasi power pont ini, efektif dan cepat.
3.    Bagi Guru
a.    Produk pengembangan ini bermanfaat bagi guru dalam membantu guru dalam proses KBM berlangsung sehingga guru tidak lagi membuang-buang waktu untuk mempersiapkan bahan ajar,
b.    Guru diharapkan terinspirasi untuk mengembangkan media pembelajaran yang lebih interaktif, khususnya pengembangan media pembelajaran melalui model animasi power point.
4.    Bagi Dunia Pendidikan
a.    Sumbangan produk pengembangan bahan ajar melalui model animasi power point.
b.    Didapat kajian kelayakan produk dengan melihat siklus perkembangan lulusan siswa.
H.          Asumsi Dan Keterbatasan Pengembangan
Menurut Gay (1990) Penelitian Pengembangan adalah suatu usaha untuk mengembangkan suatu produk yang efektif untuk digunakan sekolah, dan bukan untuk menguji teori. Sedangkan Borg and Gall (1983:772) mendefinisikan penelitian pengembangan sebagai berikut:
Penelitian Pendidikan dan pengembangan (R & D) adalah proses yang digunakan untuk mengembangkan dan memvalidasi produk pendidikan. Langkah-langkah dari proses ini biasanya disebut sebagai siklus R & D, yang terdiri dari mempelajari temuan penelitian yang berkaitan dengan produk yang akan dikembangkan, mengembangkan produk berdasarkan temuan ini, bidang pengujian dalam pengaturan di mana ia akan digunakan akhirnya , dan merevisinya untuk memperbaiki kekurangan yang ditemukan dalam tahap mengajukan pengujian. Dalam program yang lebih ketat dari R & D, siklus ini diulang sampai bidang-data uji menunjukkan bahwa produk tersebut memenuhi tujuan perilaku didefinisikan.
Seals dan Richey (1994) mendefinisikan penelitian pengembangan sebagai suatu pengkajian sistematik terhadap pendesainan, pengembangan dan evaluasi program, proses dan produk pembelajaran yang harus memenuhi kriteria validitas, kepraktisan, dan efektifitas. Sedangkan Plomp (1999) menambahkan kriteria “dapat menunjukkan nilai tambah” selain ketiga kriteria tersebut.
Van den Akker dan Plomp (1993) mendeskripsikan penelitian pengembangan berdasarkan dua tujuan yakni:
1.      Pengembangan prototipe produk
2.      Perumusan saran-saran metodologis untuk pendesainan dan evaluasi prototipe produk tersebut





BAB II
LANDASAN TEORI
A.    Kajian Teori
a.       Pengertian Bahan Ajar
Bahan ajar adalah seperangkat sarana atau alat pembelajaran yang berisikan materi pembelajaran, metode, batasan-batasan, dan cara mengevaluasi yang didesain secara sistematis dan menarik dalam rangka mencapai tujuan yang diharapkan, yaitu mencapai kompetensi atau subkompetensi dengan segala kompleksitasnya (Widodo dan Jasmadi dalam Lestari, 2013:1). Pengertian ini menjelaskan bahwa suatu bahan ajar haruslah dirancang dan ditulis dengan kaidah intruksional karena akan digunakan oleh guru untuk membantu dan menunjang proses pembelajaran. Bahan atau materi pembelajaran pada dasarnya adalah “isi” dari kurikulum, yakni berupa mata pelajaran atau bidang studi dengan topik/subtopik dan rinciannya (Ruhimat, 2011:152).
Melihat penjelasan di atas, dapat kita ketahui bahwa peranseorang guru dalam merancang ataupun menyusun bahan ajar sangatlah menentukan keberhasilan proses belajar dan pembelajaran melalui sebuah bahan ajar. Bahan ajar dapat juga diartikan sebagai segala bentuk bahan yang disusun secara sistematis yang memungkinkan siswa dapat belajar secara mandiri dan dirancang sesuai kurikulum yang berlaku.
Dengan adanya bahan ajar, guru akan lebih runtut dalam mengajarkan materi kepada siswa dan tercapai semua kompetensi yang telah ditentukan sebelumnya.
b.      Karakteristik Bahan Ajar
Ada beragam bentuk buku, baik yang digunakan untuk sekolah maupun perguruan tinggi, contohnya buku referensi, modul ajar, buku praktikum, bahan ajar, dan buku teks pelajaran. Jenis-jenis buku tersebut tentunya digunakan untuk mempermudah peserta didik untuk memahami materi ajar yang ada di dalamnya. Sesuai dengan penulisan modul yang dikeluarkan oleh Direktorat Guruan Menengah Kejuruan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan Nasional Tahun 2003, bahan ajar memiliki beberapa karakteristik, yaitu self instructional, self contained, stand alone, adaptive, dan user friendly (Widodo dan Jasmadi dalam Lestari, 2013 : 2).
1.      Self Instructionalyaitu bahan ajar dapat membuat siswa mampumembelajarkan diri sendiri dengan bahan ajar yang dikembangkan. Untuk memenuhi karakter self instructional, maka di dalam bahan ajar harus terdapat tujuan yang dirumuskan dengan jelas, baik tujuan akhir maupun tujuan antara. Selain itu, dengan bahan ajar akan memudahkan siswa belajar secara tuntas dengan memberikan materi pembelajaran yang dikemas ke dalam unit-unit atau kegiatan yang lebih spesifik.
2.   Self Containedyaitu seluruh materi pelajaran dari satu unit kompetensi atau subkompetensi yang dipelajari terdapat di dalam satu bahan ajar secara utuh. Jadi sebuah bahan ajar haruslah memuat seluruh bagian-bagiannya dalam satu buku secara utuh untuk memudahkan pembaca mempelajari bahan ajar tersebut.
3.      Stand Alone (berdiri sendiri) yaitu bahan ajar yang dikembangkan tidak tergantung pada bahan ajar lain atau tidak harus digunakan bersama-sama dengan bahan ajar lain. Artinya sebuah bahan ajar dapat digunakan sendiri tanpa bergantung dengan bahan ajar lain.
4.      Adaptive yaitu bahan ajar hendaknya memiliki daya adaptif yang tinggi terhadap perkembangan ilmu dan teknologi. Bahan ajar harus memuat materi-materi yang sekiranya dapat menambah pengetahuan pembaca terkait perkembangan zaman atau lebih khususnya perkembangan ilmu dan teknologi.
5.      User Friendlyyaitu setiap intruksi dan paparan informasi yang tampil bersifat membantu dan bersahabat dengan pemakainya, termasuk kemudahan pemakai dalam merespon dan mengakses sesuai dengan keinginan. Jadi bahan ajar selayaknya hadir untuk memudahkan pembaca untuk mendapat informasi dengan sejelas-jelasnya.
      Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam pembuatan bahan ajar yang mampu membuat siswa untuk belajar mandiri dan memperoleh ketuntasan dalam proses pembelajaran sebagai berikut :
a.       Memberikan contoh-contoh dan ilustrasi yang menarik dalam rangka   mendukung pemaparan materi pembelajaran.
b.      Memberikan kemungkinan bagi siswa untuk memberikan umpan balik ataumengukur penguasaannya terhadap materi yang diberikan dengan memberikansoal-soal latihan, tugas dan sejenisnya.
c.       Kontekstual, yaitu materi yang disajikan terkait dengan suasana atau kontekstugas dan lingkungan siswa.
d.      Bahasa yang digunakan cukup sederhana karena siswa hanya berhadapan dengan bahan ajar ketika belajar secara mandiri.
e.       Jenis- jenis Bahan Ajar
Bahan ajar memiliki beragam jenis, ada yang cetak maupun noncetak. Bahan ajarcetak yang sering dijumpai antara lain berupa handout, buku, modul, brosur, dan lembar kerja siswa. Di bawah ini akan diuraikan penjelasan terkait jenis-jenis bahan ajar.
1.      Handout
Handoutadalah “segala sesuatu” yang diberikan kepada peserta didik ketika mengikuti kegiatan pembelajaran. Kemudian, ada juga yang yang mengartikan handout sebagai bahan tertulis yang disiapkan untuk memperkaya pengetahuan peserta didik (Prastowo dalam Lestari, 2011:79). Guru dapat membuat handout dari beberapa literatur yang memiliki relevansi dengan kompetensi dasar yang akan dicapai oleh siswa. Saat ini handout dapat diperoleh melalui download internet atau menyadur dari berbagai buku dan sumber lainnya.

2.      Buku
Buku sebagai bahan ajar merupakan buku yang berisi ilmu pengetahuan hasil analisis terhadap kurikulum dalam bentuk tertulis. Buku disusun dengan menggunakan bahasa sederhana, menarik, dilengkapi gambar, keterangan, isi buku, dan daftar pustaka. Buku akan sangat membantu guru dan siswa dalam mendalami ilmu pengetahuan sesuai dengan mata pelajaran masing-masing Secara umum, buku dibedakan menjadi empat jenis (Prastowo dalam Lestari, 2011: 79) yaitu sebagai berikut.
a.    Buku sumber, yaitu buku yang dapat dijadikan rujukan, referensi, dan sumber untuk kajian ilmu tertentu, biasanya berisi suatu kajian ilmu yang lengkap.
b.    Buku bacaan, yaitu buku yang hanya berfungsi untuk bahan bacaan saja,misalnya cerita, legenda, novel, dan lain sebagainya.
c.    Buku pegangan, yaitu buku yang bisa dijadikan pegangan guru atau pengajar dalam melaksanakan proses pengajaran.
d.   Buku bahan ajar atau buku teks, yaitu buku yang disusun untuk prosesembelajaran dan berisi bahan-bahan atau materi pembelajaran yang akandiajarkan.
3.    Modul
Modul merupakan bahan ajar yang ditulis dengan tujuan agar siswa dapat belajar secara mandiri tanpa atau dengan bimbingan guru. Oleh karena itu, modul harus berisi tentang petunjuk belajar, kompetensi yang akan dicapai, isi materi pelajaran, informasi pendukung, latihan soal, petunjuk kerja, evaluasi, dan balikan terhadap evaluasi. Dengan pemberian modul, siswa dapat belajar mandiri tanpa harus dibantu oleh guru.
4.      Lembar Kerja Siswa (LKS)
Lembar Kerja Siswa (LKS) adalah materi ajar yang sudah dikemas sedemikian rupa sehingga siswa diharapkan dapat materi ajar tersebut secara mandiri. Dalam LKS, siswa akan mendapat materi, ringkasan, dan tugas yang berkaitan dengan materi.
5.      Buku Ajar
Buku ajar adalah sarana belajar yang bisa digunakan di sekolah-sekolah dan di perguruan tinggi untuk menunjang suatu program pengajaran dan pengertian moderen dan yang umum dipahami.
6.      Buku Teks
Buku teks juga dapat didefinisikan sebagai buku pelajaran dalam bidang studi tertentu, yang merupakan buku standar yang disusun oleh para pakar dalam bidang itu buat maksud dan tujuan-tujuan instruksional yang dilengkapi dengan sarana-sarana pengajaran yang serasi dan mudah dipahami oleh para pemakainya di sekolah-sekolah dan perguruan tinggi sehingga dapat menunjang suatu program pengajaran Bahan ajar noncetak meliputi bahan ajar dengar (audio) seperti kaset, radio, piringan hitam, dan compact disc audio. Bahan ajar pandang dengar (audio visual) seperti video compact disc dan film. Bahan ajar multimedia interaktif (interactive teachingmaterial) seperti CIA (Computer Assisted Intruction), compact disc (CD) multimedia pembelajaran interaktif, dan bahan ajar berbasis web (web based learning materials) (Lestari, 2013:6).
f.       Fungsi Bahan Ajar
      Secara garis besar, fungsi bahan ajar bagi guru adalah untuk mengarahkan semua aktivitasnya dalam proses pembelajaran sekaligus merupakan subtansi kompetensi yang seharusnya diajarkan kepada siswa. Fungsi bahan ajar bagi siswa untuk menjadi pedoman dalam proses pembelajaran dan merupakan subtansi kompetensi yang seharusnya dipelajari.
Bahan ajar juga berfungsi sebagai alat evaluasi pencapaiana hasil pembelajaran. Bahan ajar yang baik sekurang-kurangnya mencakup petunjuk belajar, kompetensi yang akan dicapai, isi pelajaran, informasi pendukung, latihan-latihan, petunjuk kerja, evaluasi dan respon terhadap hasil evaluasi (Prastowo dalam Lestari, 2011: 2004).Karakteristik siswa yang berbeda berbagai latar belakangnya akan sangat terbantu dengan adanya kehadiran bahan ajar. karena dapat dipelajari sesuai dengan kemampuan yang dimilki sekaligus sebagai alat evaluasi penguasaan hasil belajar karena setiap hasil belajar dalam bahan ajar akan selalu dilengkapi dengan sebuah evaluasi guna mengukur penguasaan kompetensi.
Berdasarkan strategi pembelajaran yang digunakan, fungsi bahan ajar dapatdibedakan menjadi tiga macam, yaitu fungsi dalam pembelajaran klasikal, pembelajaran individual, dan pembelajaran kelompok (Prastowo dalam Lestari, 2011: 25- 26).



















BAB III
METODE PENELITIAN
A.    Jenis Penelitian
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development) yang mengembangkan bahan ajar pada mata pelajaran TIK di SMA. Penelitian dan pengembangan adalah suatu proses atau langkah-langkah untuk mengembangkan suatu produk baru atau menyempurnakan produk yang telah ada, yang dapat dipertanggungjawabkan (Nana Syaodih, 2009: 164). Penelitian pengembangan pendidikan meliputi proses penelitian, pengembangan dan validasi produk. Melalui penelitian pengembangan, peneliti berusaha untuk mengembangkan suatu produk yang efektif untuk digunakan dalam pembelajaran. Produk yang akan dihasilkan dalam penelitian ini berupa materi berbasis masalah power point. Materi berbasis power point diharapkan akan mampu meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan.
Borg dan Gall dalam Emzir (2011: 271) mengemukakan langkah-langkah dalam penelitian dan pengembangan yang bersifat siklus seperti yang terlihat dalam tabel berikut:





Tabel 1.1 langkah-langkah penelitian pengembangan Borg and Gall
dalam Emzir (2011:271)

Langkah utama Borg & Gall
10 langkah borg & gall
Penelitian dan pengembangan informasi  (research and information collecting)
1.   Penelitian dan pengumpulan informasi
Pengembangan bentuk awal produk (develop preliminary form of product)
2.   Perencanaan
Uji lapangan dan revisi produk (Field Testing And Product Revition)
3.   Pengembangan bentuk awal produk
4.   Uji lapangan awal
5.   Revisi produk
6.   Uji lapangan
7.   Revisi produk operasional
8.   Uji lapangan operasional
Revisi produk akhir (Final Product Revision)
9.   Revisi produk akhir
Diseminasi dan implementasi (dissemination and imolementation)
10.  Diseminasi dan implementasi

Dalam rangka pengembangan produk bahan ajar pada mata pelajaran TIK, model yang digunakan adalah model penelitian dan pengembangan versi Borg dan Gall dalam Emzir (2011: 275).
B.     Waktu dan Tempat Penelitian
Waktu pelaksanaan penelitian ini adalah dari bulan Agustus 2017 sampai selesai. Adapun tempat penelitian merupakan suatu sumber untuk mendapatkan data yang dibutuhkan mengenai masalah yang akan diteliti. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 2 Monta Kab.Bima Kec.Monta.
C.    Prosedur Pengembangan
Prosedur penelitian yang digunakan peneliti dalam pengembangan ini diadaptasi dari langkah-langkah pengembangan yang dikembangkan oleh Bord dan Gall, penerapannya disesuaikan dengan kebutuhan peneliti. Mengingat keterbatasan waktu dan biaya yang dimiliki peneliti, secara garis besar langkah-langkah penelitian dan pengembangan yang telah dikemukakan sebelumnya, disederhanakan sesuai kebutuhan penelitian. Hal tersebut didasari oleh Borg dan Gall (1981) dalam Emzir (2011: 271) yang menyarankan dalam penelitian tesis dan disertasi penelitian dibatasi dalam skala kecil, termasuk dimungkinkan membatasi langkah penelitian. Prosedur penelitian pengembangan bahan ajar ini dibagi menjadi 4 bagian, yaitu: 1) pengumpulan informasi, 2) perencanaan, 3) pengembangan bentuk awal produk (desain produk), 4) uji lapangan dan revisi produk. Mengambil langkah utama Borg and Gall sampai pada tahap keempat, prosedur pengembangan bahan ajar berbasis masalah meliputi:
1.      Pengumpulan Informasi
Tahap pengumpulan informasi dilakukan untuk menentukan kebutuhan dalam pembelajaran yang akan berlangsung. Hal-hal yang diperhatikan dalam menentukan kebutuhan pembelajaran, antara lain kesesuaian kebutuhan pembelajaran dengan kurikulum yang berlaku, dan tahap perkembangan siswa. Langkah yang dilakukan dalam tahap ini adalah studi pustaka dan studi lapangan.
a)      Studi pustaka
Dilakukan dengan mengumpulkan teori-teori yang berkaitan dengan LKS berbasis masalah. Tahap ini dilakukan untuk mendapatkan gambaran umum mengenai bahan ajar yang akan dikembangkan. Berdasarkan studi pustaka akan diketahui karakteristik bahan ajar berupa LKS berbasis masalah.
b)      Studi lapangan.
Pada tahap ini peneliti melakukan beberapa analisis, yaitu analisis kurikulum, analisis siswa, dan analisis materi.
a.       Peneliti mengkaji bahan ajar yang sudah ada di sekolah. Berdasarkan langkah ini diperoleh informasi bahwa bahan ajar  yang sudah digunakan untuk bahan ajar kelas XI di sekolah menengah atas belum mengeksplorasi pengetahuan siswa serta belum melatih untuk menggunakan tekhnologi dan informasi.
b.      Peneliti mengkaji kurikulum yang berlaku pada saat ini. Berdasarkan kurikulum tersebut dilihat kompetensi yang akan dicapai. Pembelajaran TIK di SMA saat ini mengacu pada Kurikulum 2007 dengan Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar yang telah ditentukan.
c.       Analisis siswa dilakukan dengan mempertimbangkan ciri, kemampuan,dan pengalaman siswa, baik sebagai kelompok atau sebagai individu.
d.      Analisis materi bertujuan untuk menentukan isi materi dalam LKS berbasis masalah.
2.      Perencanaan
Pada tahap ini peneliti mengkaji bahan yang akan disusun, langkah yang dilakukan meliputi: menganalisis kompetensi inti dan kompetensi dasar; analisis materi pembelajaran; menyusun peta kebutuhan; menentukan judul materi, dan membuat kisi-kisi penilaian produk.
3.      Pengembangan bentuk awal produk (desain produk)
Pada tahap ini dilakukan tahap perancangan perangkat LKS berbasis masalah yang terbagi menjadi dua langkah, yaitu:
a.       Mengumpulkan referensi materi mengenai interaksi manusia dengan  lingkungan selanjutnya peneliti membuat pemetaan materi.
b.      Perancangan bahan ajar berbasis power point untuk mata pelajaran TIK.
D.    Uji Coba Produk
1. Desain Ujicoba
Ujicoba produk dilakukan untuk mengetahui kelayakan bahan ajar cetak yang dihasilkan agar dapat digunakan dalam pembelajaran. Proses Ujicoba produk itu sendiri, meliputi: 1) Validasi ahli materi, 2) Validasi ahli media, 3) Analisis I, 4) Revisi tahap I, 5) Validasi Guru TIK SMA, 6) AnalisisII, 7) Revisi tahap II, 8) Ujicoba lapangan, 9) Analisis tahap III, 10) Revisi produk akhir, 11) Produk Akhir bahan ajar berbasis animasi powerpoint.
2.   Subjek Ujicoba
Setelah bahan ajar mendapatkan validasi dari ahli materi, ahli media, dan guru TIK maka produk akan segera diujicobakan. Subjek ujicoba adalah siswa kelas XISMA Negeri 2 Monta.

3. Waktu Uji Coba.
Setelah produk mendapat validasi dari ahli materi dan ahli media di STKIP Taman Siswa Bima, dan validasi dari guru TIK yang di lakukan, kemudian dilanjutkan uji coba lapangan pada siswa.
4.   Jenis Data
Data merupakan keterangan-keterangan tentang suatu hal, dapat berupa sesuatu yang diketahui atau yang dianggap atau anggapan, atau suatu fakta yang digambarkan lewat angka, simbol, kode, dan lain-lain. Jenis data  pengembangan bahan ajar ini adalah data kualitatif dan data kuantitatif.
a. Data kualitatif
Data kualitatif berasal dari kritik, saran, dan komentar dari para ahli terhadap bahan ajar yang di kembangkan. Sedangkan pada uji coba lapangan, data kualitatif diperoleh dari observasi dan wawancara.
b. Data kuantitatif

Data kuantitatif diperoleh dari angket atau kuesioner yang diberikan kepada validator untuk menilai produk pengembangan bahana ajar. Dan tes kelas yang digunakan untuk mengukur pencapaian peserta didik setelah menggunakan produk pengembangan bahan ajar.
5.   Instrumen Pemgumpulan Data
Instrumen yang digunakan dalam pengembangan bahan ajar ini adalah observasi, wawancara, angket atau kuesioner, dan tes.

a.       Observasi
Observasi adalah cara menghimpun bahan-bahan keterangan (data) yang dilakukan dengan mengadakan pengamatan atau pencatatan secara sistematis terhadap fenomena-fenomena yang sedang dijadikan sasaran pengamatan.Observasi dilakukan pada saat pembelajaran berlangsung. Observasi dilakukan secara langsung untuk mengetahui keefektifan dari produk pengembangan.
b.      Angket atau kuesioner

Kuesioner adalah sejumlah pertanyaan tertulis yang digunakan untuk memperoleh informasi dari responden dalam arti laporan tentang pribadinya atau hal-hal yang ia ketahui.Angket dalam penelitian dan pengembangan bahan ajar ini diberikan kepada validator untuk menilai produk pengembangan. Dalam penelitian ini ada 2 macam angket yang digunakan, pertama angket untuk validator dan yang kedua angket untuk siswa.
6.   Tekhnik Analisis Data
Patton mengatakan bahwa analisis data adalah proses mengatur urutan data, mengorganisasikannya ke dalam suatu pola, kategori dan satuan uraian dasar, sedangkan Suprayogo mendefinisikan analisis data adalah rangkaian kegiatan penelaahan, pengelompokan sistematisasi, penafsiran dan verifikasi data agar sebuah fenomena memiliki sebuah nilai sosial, akademis, dan ilmiah.
Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah pengumpulan data lewat instrumen kemudian dikerjakan sesuai dengan prosedur penelitian dan pengembangan.
a.       Analisis data angket validasi

Data hasil penilaian terhadap kelayakan produk pengembangan bahan ajar matematika dianalisis secara deskriptif. Penentuan tingkat kevalidan dan revisi produk seperti pada tabel 3.1
Tabel 31. Tingkat Kevalidan dan Revisi Produk



                       
Rumus yang di gunakan adalah :
 








b.      Analisis Keefektifan dan Analisis Kepraktisan
Dalam kamus bahasa Indonesia efektif yang berarti ada pengaruhnya. Menurut Suharsimi Arikunto efektifitas adalah taraf tercapainya tujuan yang telah ditentukan. Sedangkan kepraktisan mengandung arti kemudahan suatu tes, baik dalammempersiapkan, menggunakan, mengolah, dan menafsirkan, maupunmengadministrasikan produk tersebut.Dalam penelitian ini, peneliti menetapkan kriteria keefektifan dan kepraktisan sebagai berikut:
1.      Ketuntasan belajar sekurang-kurangnya 75% dari jumlah siswa telah memperoleh nilai dalam peningkatan hasil belajar.
2.      Hasil belajar menunjukkan perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol.


Comments

Post a Comment